5 Macam Olahan Daging Kambing Selain Sate dan Gulai

mentahan daging kambing

Memilih olahan daging kambing memang bisa dibilang susah-susah gampang. Daging kambing sendiri merupakan bahan dapat kamu olah menjadi berbagai makanan yang menggugah selera. Tapi tanpa pengolahan yang tepat, daging kambing bisa terasa keras dan mengeluarkan bau prengus.

Macam Olahan Daging Kambing

Olahan daging kambing biasanya tak jauh-jauh dari sate kambing dan gulai kambing. Padahal ada berbagai macam kreasi daging kambing yang bisa kamu olah sehingga tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Berikut ide kreasi daging kambing yang akan menggoyang lidah:

1. Rendang

Bukan hanya daging sapi, kamu pun bisa memasak rendang dengan daging kambing. Seperti halnya rendang sapi, bumbu rempah yang kaya juga menjadi kunci saat membuat rendang kambing. Beberapa bumbu rempah untuk membuatnya adalah daun serai, kunyit, bawang merah, kemiri, ketumbar, lengkuas, dan pala.

Selain bumbu rempah, bahan utama lainnya adalah santan. Masukkan bumbu-bumbu ke dalam santan dan aduk sekitar 30 menit, baru kemudian masukkan daging kambing. Ingat untuk terus mengaduknya agar tidak lengket dan memasak dengan api kecil hingga santan mengental.

2. Krengsengan Kambing

Merupakan makanan khas masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur, krengsengan atau krengseng kambing patut untuk kamu coba. Krengsengan adalah olahan daging kambing yang ditumis dengan kecap dan rempah sehingga menghasilkan kuah kecoklatan. 

Sebelum menumis, kamu perlu merebus daging kambing terlebih dahulu sampai menjadi empuk. Baru kemudian kamu dapat memotong kecil-kecil dagingnya dan menumisnya dengan bumbu yang sudah kamu haluskan sebelumnya. Tak lupa tambahkan air, lalu tumis sampai bumbu dan air meresap ke dalam daging.

3. Rica-rica Kambing

Buat kamu penggemar makanan pedas, kamu bisa coba membuat rica-rica kambing. Rica-rica sendiri khas dengan bumbu cabai dan rasa pedasnya. Biasanya orang membuat rica-rica ayam atau seafood, namun olahan daging kambing pun dapat kamu kreasikan menjadi rica-rica yang menggugah selera.

Salah satu kunci membuat rica-rica kambing adalah menggunakan air kaldu daging. Pertama rebuslah daging kambing sampai empuk, dan jangan buang air kaldu rebusannya. Masukkan air kaldu ketika kamu sudah memasak daging dengan bumbu, lalu biarkan sampai meresap.

4. Kari kambing

Seperti rendang, olahan daging kambing yang satu ini juga membutuhkan santan dan bumbu rempah sebagai bahan utamanya. Beberapa bumbu yang kamu butuhkan adalah kayu manis, cengkih, adas manis bubuk, serai, lengkuas, kemiri, dan jahe. Makanan khas India ini cocok untuk kamu yang suka rasa kuah yang kental dan kaya.

5. Tongseng kambing

Secara sekilas dari kuahnya, tongseng kambing agak mirip dengan gulai kambing. Namun bedanya, tongseng kambing lebih pekat karena penggunaan bumbu-bumbu di dalamnya. Selain itu, tongseng kambing menggunakan bahan sayuran seperti kol dan tomat.

Untuk membuat tongseng, kamu perlu menyediakan bukan hanya daging kambing namun juga tulangannya. Masak dengan bumbu yang sudah kamu tumis, kemudian tambahkan air dan santan. Setelah itu, kamu bisa memasukkan kol dan tomat yang sudah dipotong ke dalam daging kambing tersebut.

Apa Olahan Daging Kambing Pilihan Kamu?

Demikianlah berbagai macam olahan daging kambing yang bisa menjadi pilihan untuk kreasi memasak kamu. Apapun pilihan kamu, pastikan untuk mengolah daging kambing dengan tepat. Kamu tentu tidak mau masakan kamu memiliki bau prengus dan daging yang keras, kan?

Kalau kamu ingin menghilangkan bau prengus daging kambing, kamu bisa memanfaatkan daun pepaya atau nanas. Selain menghilangkan bau, dua bahan itu juga bisa membantu agar daging lebih empuk. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *