5 Ide Menu Masakan Aqiqah Ini Bisa Kamu Coba Saat Acara

bayi dan boneka beruang (1)

Mempersiapkan acara hajatan memang perlu perhatian ekstra untuk menyajikan acara yang maksimal dan niat. Baik itu acara nikahan atau acara kelahiran anak seperti aqiqah. Untuk kamu yang belum tahu, aqiqah adalah acara adat yang dilakukan dengan cara pemotongan hewan sebagai bentuk ucapan syukur atas kelahiran seorang anak. Seperti semua acara hajatan, selain dekorasi, bagian terpenting yang perlu kamu siapkan adalah makanan untuk para tamu. Untuk itu, simak ide menu masakan aqiqah berikut yang bisa menjadi inspirasi kamu!

1. Nasi Kuning dan Nasi Kebuli

Nasi memang menjadi makanan pokok yang harus ada dalam setiap menu masakan hajatan. Selain mengenyangkan, olahan nasi akan melengkapkan makanan agar memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Untuk kamu yang ingin berbeda dengan yang lain, kamu boleh memesan olahan nasi selain nasi putih.

Contoh olahan nasi yang bisa kamu pesan antara lain seperti nasi kuning, nasi goreng, nasi sambal hijau atau nasi kebuli yang sedang populer akhir-akhir ini. Nasi kebuli biasanya terhidang dengan potongan kambing yang menggunakan berbagai macam rempah dan bumbu. Aromanya yang harum dan rasanya yang gurih menjadi primadona para pemilik hajatan.

2. Kambing Guling

Ide menu masakan aqiqah selanjutnya adalah kambing guling. kamu bisa menyediakan stand kambing guling sebagai pelengkap makanan pokok kamu. Biasanya, menu makanan kambing guling termasuk menu makanan “mewah” yang menjadi incaran semua orang saat datang ke acara pesta. Jika kamu ingin menekan harga, kamu bisa memasak kambing guling sesuai dengan budget kamu.

3. Sayur Kangkung, Tumis Brokoli atau Urap

Untuk sayur-sayuran, kamu bisa menyajikan sayuran kangkung atau tumis brokoli. Biasanya, pada acara pesta atau hajatan, orang lebih memilih sayur-sayuran yang mempunyai sifat tumis daripada kuah. Hal ini karena tumis-tumisan lebih cenderung tahan lama dan mengurangi resiko basi sebelum tersaji.

Untuk kamu yang lebih suka sayuran kering, kamu bisa menyajikan urap sayur yang populer. Rasanya yang manis dan gurih pedas akan menambah selera makan. Namun, jika kamu ingin urap yang tahan lama, pastikan untuk tidak mencampurnya dengan hidangan lain.

4. Sup Kepiting

Untuk hidangan yang basah, kamu bisa menyajikan sup kepiting. Sup ini biasanya memang sering menjadi pilihan populer dalam memilih menu masakan aqiqah. Gelarlah stand khusus untuk menyajikan sup kepiting ini. Biasanya, catering-catering menyediakan layanan stand seperti ini untuk kamu yang ingin menggelar pesta.

5. Puding atau Es Krim

Sebagai hidangan penutup dan sekaligus pencuci mulut, kamu bisa menyajikan puding atau es krim yang dingin. Biasanya, pagelaran ataupun acara aqiqah terlaksana dari pagi sampai sore hingga kamu perlu menyajikan makan siang untuk para tamu. 

Cuaca yang panas akan terobati dengan dessert yang dingin. Eskrim biasanya tersaji dengan 3 rasa, namun hal tersebut tentunya tergantung oleh budget yang kamu dan pasangan siapkan.

Sama halnya dengan eskrim, pudding dingin juga berpengaruh besar dan menjadi pilihan para orangtua yang ingin mencari menu masakan aqiqah. Hal ini karena pudding dinilai lebih hemat dan kamu bisa mengatur jumlahnya sesuai dengan para tamu yang datang.

Menu Masakan Aqiqah Mana yang Kamu Suka?

Ituah 5 ide menu masakan aqiqah yang bisa kamu pilih. Tentu ingat bahwa tujuan dari acara adalah bukan untuk menyenangkan para tamu namun untuk merayakan kebahagiaanmu. Jadi, pastikan untuk memilih menu sesuai dengan budget yang kamu siapkan. Selamat mencoba!

Jika ingin melaksanakan ibadah aqiqah, serahkan semua menggunakan jasa aqiqah yang profesional. Bisa pilih hewan sendiri, dokumentasi penyembelihan hingga proses memasak, gratis antar sampai ke rumah dan lainnya. Segera hubungi Quy Aqiqah untuk tanya seputar aqiqah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *